Iklan
jump to navigation

Sharing Pemakaian Yamaha Byson Selama Dua tahun pertama . . . 9 Agustus 2014

Posted by adhyg13 in Umum.
trackback

Sugeng Enjang Kakang-Mbakyu . . . .

Tulisan sekedar sharing saja nih kang-yu . . .  tentang si kebo byson milik saya sendiri yang tepat hari ini berusia dua tahun. Sebenarnya kalau di stnk umurnya dua tahun akhir agustus besok, tapi saya masih ingat banget nih motor sampai di rumah tanggal 10 Agusrus 2012 😀

Pemakaian selama dua tahun baru menempuh jarak sekitar 19.000, terakhir kali sih segitu pas lebaran kemarin ya kalau sekarang paling tambah 80 km lah soalnya motor cuma dipakai dekat-dekat saja.

Tahun pertama pemakaian penyakit Byson yang terkenal, yaitu karbunya ngepos untung tidak menyerang si byson saya. Masuk tahun kedua saat saya ajak ke Pantai baron di jalur selatan coba saya geber, walah ko endut-endutan asli berarti kebo saya :mrgreen: 

AE1941

Kendala/masalah saat pemakaian

Si kebo selama dua tahun hampir tidak ada kendala/masalah yang berarti, semoga saja seterusnya tidak. Gejala ngepos pun tidak mengganggu karena hanya dipakai antar kampung dengan jalan kaya kolam lele, tak ada tempat untuk ngebut 😀 

Jikapun ada masalah itu hanya karena switch rem belakang yang jelek, sering nyantol yang bikin boros bohlam lampu stopan. Solusinya bisa ganti switch rem dengan milik vega atau milik supra, plek no puyeng. Memang switch rem kebo sepertinya memang jelek, dari harganya juga cuma setengahnya switch rem vega.

Soal rantai si kebo cukup membuat heran, hampir tidak pernah saya setel tetapi setiap dicek masih belum kendor mungkin karena rantai kebo yang kaku karena ada o ringnya. Kondisi gear pun masih baik, jarang main betot-betot toh dibetot juga gak lari :mrgreen:

Variasi yang menempel

Variasi yang menempel di kebo tak ada yang istimewa, hanya sekedar pasang visor ninja L, ganti led untuk lampu senja dan lampu stopan, serta sebuah GSI (alat yang diselongsongkan di kabel coil, seperti 9power itupun dikasih yang jual,xixixi . . . . . 😀 ) yang lain standar tong-tong . . .terlalu biasa.

 14092013012

Mulai Minta Ganti

Ban mulai gundul, sudah terlihat mengeras, main rem agak keras juga sudah mulai ngesot-ngesot, sudah gak enak dan mengurangi kenikmatan berkendara harus diganti. Sedang cari review-review ban yang cocok, zeneos katanya licin ya kang?

AE1901

Jarak terjauh ditempuh

345 km, bolak-balik Kebumen-Wonosari lihat Pantai Baron dan Krakal. Dekat lah soalnya saya bukan anak touring. Jalan naik turun ke Wonosari ternyata enak bikin nagih, padahal sebelumnya saya takut buat nanjak-nanjak pernah jatuh di sekitaran Sumpiuh dan lumayan trauma 😀

Torsi kebo memang standar dan tak seberapa, tapi nyaman saja dibawa naik-turung sambil menikmati jalan mulus yang jarang ada di Jawa tengah 😀

AE1022

Kekurangan Byson

Kalau membahas kekurangan motor ini, banyak!! tak usah disebutkan pasti semua sudah tahu lah, tapi sepertinya sisi pengereman harus benar-benar dibenahi terutama rem belakang. Ya rem belakang yang bersistem tromol kerap tak mampu mengimbangi kinerja rem depan, akibatnya saya sering goyang bareng motor. ngepot, ditambah lagi katanya road winner juga licin, klop lah . . . .

Kelebihan???

Dimata setiap orang kelebihan pasti akan berbeda-beda, tapi sepertinya “kenyamanan” cukup menggambarkan kelebihan Byson bagi saya. Apa???? Byson nyaman? # “Kenyamanan” bukan dalam artian ergonominya kok.

Salam L2 Super . . . .

 

 

 

 

 

 

Iklan

Komentar»

1. Beli Pulsa Telkomsel Online - 17 Januari 2017

Usually I would not understand content in blogs and forums, on the other hand want to claim that this specific write-up incredibly forced everyone you need to do and so! Your way of writing has been amazed my family beli pulsa telkomsel online. Thank you, good posting.

2. Abdullah - 3 Juli 2015

besoknya saya nekat menggunakan akal akaln Murmerceng( Murah meriah dan kenceng) . I. Jarum Skep: ada 3 ring yg melapisi jarum skep, dr atas plastik tebal, ring besi dan plastik tebal lg yg lebh lebar dan ada tonjolan 2 buah. trus ane tukar yg ring plastik td yg atas pindah kebawah dan yg bawah ada 2 buah tonjolan ane pindah ke atas dgn tonjolan menghadap ke atas yg nantinya di tekan sm per pengunci jarum skep.Alhasil jarum skep ga goyang lg n center utk masuk ke lubang spuyer.
II. Skep yg seret ( ga lancar naik turun ) : Karbu Bison menganut sistem Vakum lsg ane rubah menjadi Konvensional dgn cara ane bor penutup atas karet vakum, ane kasih baut berlubang atau stelan rem speda, dr situ masukkan kawat yg terhubung ke tali gas lalu masuk ke lubang skep dan ane lilit benang jahit n dilem korea supaya kawat kabel gas ga lepas. hasilnya Skep bs naik turun dgn aman…dr sini otomatis terciptalah kabel gas bercabang, ane pakai kabel gas GL pro Neotech dgn memotong salah satu Ujungnya utk masuk dlm Skep. Penting, Kabel skep 1. Kabel gas dr luar skep, 2. Kabel gas dalam skep.Usahakan kabel gas 1 lbh dulu terangkat yg disusul lsg terangkatnya kabel gas 2 dlm skep.
III. Membesarkan Ukuran Pilot jet dan main Jet : Pailot jet ane Rojok Menggunakan Per Pulpen, Sebelumnya per pulpen kita luruskan lalu kita gunakan utk memperbesar lubang Pilot jet atau beli Punya scorpio nmr 17.5 atau 20. Main jet jg Besarkan sedikit ane pake main jet punya mobil,pokoknya lbh besar dikit aj…Kasimpulannya hasil nekat ini berbuah manis banget, Tarikan si kebo lancaar jaya, Ngisiii banget tenaganya tanpa ada brebet atau kendala ngempos . Hilang semua penyakit si kebo. n saya makin cinta sm si kebo Putih ini…Oiya kebo ane semuanya masih standard ting ting,cdi koil busi dll masih asli dealer, BBm jg pertamak… Mohon Saran dan Kritikannya om…Salam Murmerceng

3. Abdullah - 3 Juli 2015

pengalaman ane dgn si kebo Putih, Saat baru beli ( Second) th 2013. ga enak banget, Tenaga ngempos kalau mesin panas ndut ndutan kadanh mati mesin n susah distaternya tp lama2 hidup jg mesinnya, langsung deh pulang…Trus ane penasaran dgn penyebabbnya, Ane bongkar abis dah karburatornya, ternyata dari karbunya banyak penyakit n kelemahannya…yg jarum skep Miring, skep seret dan banyak lg…

4. Henry - 24 Januari 2015

saya pernah punya si Banteng a.k.a byson generasi awal, tepatnya awal tahun 2011 dan saya pake selama 2 tahun sampe 2013. kebeneran masalaeh pada bae (metu logat Gombong-e). tenaga pas-pasan karena Limiter di CDI pernah buat mudik 2x Jakarta-Gombong PP kecepatan max 100km/jam on Spidometer. motornya sihh nyaman cuma tenaganya gak sebanding dengan bodinya..saking sewotnya jd tak jual ganti Si Hatori alias ninja 150R lahh…hehehe

5. Arif rahman - 27 Agustus 2014

Em……kayaknya rata2 pemilik byson masalahnya kok sama…tp bagi saya yg punya byson jg…malah puas banget…mau d betot jg enak…pdhal smua standart…mungkin cara pemakaian aja yg berbeda…lah punyaku aja g kalah kok sama nvl…cbsf…masalah betot2an…

adhyg13 - 28 Agustus 2014

ya rata2 karbunya mas . . . wah byson ente berarti jos sanggup betot2n sama nvl n cb,ane sih pernah nyoba sama nvl bisa lah nguntit tapi nyalip ya gak sanggup 😀

Budi - 30 November 2014

ngakak

6. Triyanto Banyumasan - 16 Agustus 2014

ganti knalpot aftermarket R9 + CDI racing BRT. nek masih kurang, kwi visore copoten templok balekne nang Ninja L, njur numpak Ninja mesti lewih banter, yaqin deh, Byson pensiun wae 😀

adhyg13 - 16 Agustus 2014

nek banter-banteran cukup main game motogp nang laptop mas :mrgreen: 😀

Triyanto Banyumasan - 16 Agustus 2014

Ra kober ngegim lah, sepur listrik bae ra mikir ngecas 😀

7. vixioner007 - 9 Agustus 2014

kebo emg nyaman om.. ane udh prnh nyoba pnya temen ane om, sm vixi mah masih nyaman kebo kemana mana om.. mesinnya juga jauh lbh halus dari vixi, dan yg ane seneng saat naik kebo yaitu antebnya om, ni motor antep bener saat di tunggangi.. seakan akan bannya itu lengket sm aspal..

8. Mase - 9 Agustus 2014

jebul due byson mbarang

adhyg13 - 9 Agustus 2014

atoh . . . salam kenal mas,wkwkwk

Mase - 9 Agustus 2014

salam kebo ireng

9. iimvixby - 9 Agustus 2014

Kalo punya saya, bohlam depan belakang udah pernah putus mas, efek sistem AHO.

adhyg13 - 9 Agustus 2014

oh ya lupa,lampu depan kebo saya udah ganti juga bro. belum lama sih.


coret-coretnya ya . . . . .

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: